Waspada Sakit Perut pada Sebelah Kiri – Sakit perut merupakan gangguan yang sering terjadi karena Anda mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti terlalu pedas atau asam. Bagaimana jika rasa sakit di perut tidak terjadi karena konsumsi makanan dan berlanjut selama beberapa hari secara intens? Apalagi jika sakit perut hanya dirasakan di bagian tubuh sebelah kiri.

Waspada Sakit Perut pada Sebelah Kiri

Umumnya, sakit perut sebelah kiri dikaitkan dengan masalah yang menyerang saluran pencernaan. Apakah sakit perut sebelah kiri cukup berbahaya? Ini Penyebab Sakit Perut Kiri!

Usus besar terletak di sisi kiri perut dan pada wanita di sinilah ovarium berada. Jika perut Anda sedikit sakit, jangan khawatir. Ini mungkin hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari sesudahnya.

Namun, jika gangguan tersebut menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan dan berlangsung lebih dari dua hari, disarankan untuk melakukan pemeriksaan. Bukan tidak mungkin gangguan berbahaya bisa terjadi dan bisa berakibat fatal. Berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu Anda ketahui:

  1. Ovulasi

Salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri yang harus diketahui adalah terjadinya ovulasi. Kondisi ini, yang dikenal dengan masa subur, akan menyebabkan rasa sakit atau kram pada perut. Gejala lain yang bisa terjadi saat seseorang berovulasi adalah mual dan keputihan.

  1. Gastritis

Gangguan lain yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri adalah gastritis. Ini terjadi ketika lapisan perut menjadi teriritasi, meradang, atau terkikis, menyebabkan rasa sakit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori, yaitu bakteri yang menghasilkan lendir di lapisan lambung. Gejala lain yang dialami selain sakit perut kiri atas adalah mual, muntah, dan perut penuh setelah makan.

  1. Penyakit Ginjal

Sakit perut sebelah kiri juga bisa terjadi karena gangguan ginjal, antara lain infeksi ginjal dan batu ginjal. Pada infeksi ginjal, gejala yang muncul berupa nyeri perut kiri bawah, demam, mual dan muntah, serta nyeri pada selangkangan. Sedangkan jika disebabkan oleh batu ginjal, gejala yang umum terjadi antara lain nyeri di perut kiri bawah, ingin buang air kecil terus-menerus, rasa panas saat buang air kecil, dan kencing berdarah.

  1. Peradangan Pankreas

Organ lain yang ada di sisi kiri perut setiap manusia adalah pankreas. Jika terjadi gangguan pada organ ini, maka akan timbul rasa nyeri pada perut kiri atas hingga punggung. Gangguan yang sering terjadi adalah peradangan pada pankreas yang dapat menimbulkan rasa sakit saat berbaring, makan, dan minum. Gejala lain yang bisa dirasakan adalah demam, diare, sakit perut saat disentuh, hingga mual dan muntah.

  1. Peradangan usus besar

Peradangan usus besar juga merupakan gangguan yang bisa menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri. Penyakit ini terjadi karena dinding saluran pencernaan menjadi meradang. Gejala yang bisa timbul selain sakit perut adalah diare, kelelahan, penurunan berat badan, dan tinja berdarah atau berlendir. Sakit perut bisa hilang setelah penderitanya buang air besar.

Itulah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang harus Anda ketahui. Jika Anda mengalami rasa sakit yang tak tertahankan dan membutuhkan konsultasi dokter, cukup buat janji atau bertanya mengenai biaya medical check up dengan mudah melalui aplikasi kesehatan yang sudah banyak tersedia, salam sehat!