Teknologi dalam Pengemasan Makanan – Pengemasan merupakan sebuah proses pembungkusan, pewadahan, atau pengepakan suatu produk dengan menggunakan bahan tertentu sehingga produk di dalamnya dapat tertampung dan terlindungi. Sedangkan untuk kemasan produk adalah bagian pembungkus dari suatu produk yang ada di dalamnya. Dengan menggunaan pengemasan ini kita dapat mengawetkan atau memperpanjang umur dari produk pangan atau makanan yang ada di dalamnya.

Teknologi dalam Pengemasan Makanan

Teknologi kemasan makanan terus berkembang dari waktu ke waktu, dari mulai proses pengemasan yang sederhana maupun tradisional dengan mengandalkan bahan – bahan alami seperti dedaunan atau anyaman bambu sampai teknologi modern seperti saat ini. Dalam teknologi pengemasan modern misalnya jaman dulu orang membuat tempe di bungkus dengan daun pisang atau daun jati, membungkus gula aren dengan daun kelapa atau daun pisang kering. Teknologi pengemasan yang semakin maju dan modern telah hampir meniadakan penggunaan bahan pengemas tradisional. diantara contoh-contoh pengemasan modern diantaranya menggunakan bahan plastik, kaleng/logam, kertas komposit, dan lain paperbag lunch.

Pengemasan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan mutlak diperlukan dalam persaingan dunia usaha seperti saat ini. Saat ini kemasan makanan merupakan faktor yang sangat penting karena fungsi dan kegunaanya dalam meningkatkan mutu produk dan daya jual dari produk.

Kemasan makanan produk dan labelnya selain berfungsi sebagai pengaman produk yang terdapat di dalamnya juga berfungsi sebagai media promosi dan informasi dari produk yang bersangkutan. Kemasan produk yang baik dan menarik akan memberikan nilai tersendiri sebagai daya tarik bagi konsumen. Namun demikian, sampai saat ini kemasan produk masih merupakan masalah bagi para pengelola usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Permasalahan mengenai kemasan makanan dan labelnya kadang-kadang menjadi kendala bagi perkembangan atau kemajuan suatu usaha. Banyak persoalan yang muncul ketika suatu usaha ingin memiliki suatau kemasan produk yang baik, berkualitas dan memenuhi standar nasional yang ada. Persoalan-persoalan yang sering dihadapi seperti bahan pengemas, desain bentuk kemasan, desain label, sampai pada persoalan yang paling utama yaitu biaya dari pembuatan kemasan itu sendiri.

Bagi para pengelola UMKM dengan segala keterbatasan modal usaha sebaiknya permasalahan tentang kemasan bisa ditangani dengan kreativitasnya. Kemasan makanan dengan kualitas baik dan menarik tidak selalu identik dengan harga kemasan yang mahal. Dengan bahan pengemas yang biasa-biasa saja, asalkan dirancang sedemikian rupa baik bentuk maupun desain labelnya pastilah akan tercipta sebuah kemasan yang tidak kalah bersaing dengan kemasan-kemasan modern.

Sekian artikel yang dapat kami berikan mengenai teknologi dalam pengemasan makanan, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda, dan dapat menambah wawasan anda mengenai pengemasan makanan saat ini. Nantikan artikel saya selanjutnya dan sampai jumpa kembalu.

Sumber : https://www.tab-packaging.co.id/