Mengoptimalkan Situs Marketplace Dengan Strategi SEO – Perlu Anda ketahui bahwa strategi SEO ternyata tidak hanya diterapkan untuk blog namun juga untuk web ecommerce. Web ecommerce menjadi salah satu platform terfavorit yang digunakan oleh banyak orang untuk menjual atau membeli suatu produk.

Memasarkan produk atau jasa yang Anda jual maupun yang Anda produksi melalui web ecommerce memang terbilang sangat efektif. Pembeli hanya perlu mengunjungi satu situs web untuk membeli beragam produk yang Anda jual. 

Mengoptimalkan Situs Marketplace Dengan Strategi SEO

Di Indonesia saat ini, situs ecommerce sendiri sudah sangat beragam sehingga memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Oleh karena itu, apabila Anda ingin mengembangkan situs ecommerce maka Anda perlu mengoptimalkan situs marketplace dengan strategi SEO.

Untuk membuat dan mengoptimalkan situs ecommerce bisnis Anda, Anda membutuhkan jasa pembuatan website Jakarta yaitu Nusantara Art Media Tech yang siap membantu Anda untuk membuat situs marketplace atau ecommerce Anda dan mengoptimalkan nya dengan SEO.

Hal ini dikarenakan, membuat sebuah situs ecommerce membutuhkan pengetahuan yang lebih dari cukup dan juga keahlian dibidang tersebut. menggunakan jasa pembuatan website Jakarta tersebut memang pilihan yang sangat tepat untuk membantu Anda memasarkan bisnis Anda.

Berikut ini ada beberapa strategi SEO untuk mengoptimalkan situs marketplace atau ecommerce Anda. Yuk dismak penjelasan berikut ini.

1. Mengoptimalkan struktur website ecommerce Anda

Memiliki struktur website yang baik tidak hanya akan memberi pengaruh pada peringkat web namun juga peluang terjadinya pembelian produk. Karena tanpa struktur web yang baik, pengguna akan kesulitan untuk mengoperasikan situs web dan beralih menggunakan web kompetitor yang lain.

Untuk mengoptimalkan struktur website ecommerce Anda, jasa pembuatan website Jakarta akan  menggunakan protokol HTTPS untuk melindungi data pelanggan. Situs ecommerce memiliki banyak data sensitif di dalamnya, sehingga Anda harus menggunakan protokol HTTPS yang lebih aman.

Google juga menyarankan penggunanya untuk selalu menggunakan HTTPS daripada HTTP. Oleh karena itu, jika website Anda ingin lebih diprioritaskan oleh Google, maka Anda harus menggunakan HTTPS. Tingkatkan loading speed halaman untuk mengurangi bounce rate yang tinggi. Pengunjung juga tidak menyukai website yang membutuhkan waktu lama untuk membuka sebuah halaman dan pastikan website sudah mobile friendly.

2. Riset kata kunci atau keyword untuk ecommerce

Sama seperti blog, strategi SEO untuk ecommerce juga membutuhkan riset kata kunci. Salah satu tool yang dapat Anda gunakan adalah Google Keyword Planner. Jasa pembuatan website Jakarta tersebut akan mencari kata kunci atau keyword relevan yang memiliki volume pencarian yang tinggi namun dengan tingkat persaingan yang rendah.

Selanjutnya, jasa pembuatan website Jakarta akan menggunakan kata kunci tersebut di dalam website Anda seperti untuk anchor text, struktur kategori halaman, title tag, atau yang lain. Dalam pembuatan konten Anda juga dapat mempertimbangkan long tail keyword untuk performa yang lebih baik.

3.  Hindari link error

Sama seperti strategi SEO pada blog, link error juga dapat mempengaruhi performa website ecommerce Anda. Ketika mengoperasikan sebuah web, terkadang pengunjung menemukan link rusak yang menampilkan pesan error 404. Hal tersebut dapat memberikan pengalaman yang buruk untuk pengguna.

Selain itu, Google juga tidak menyukai website yang memiliki link error di dalamnya. Oleh karena itu, sebagai pengelola web ecommerce Anda harus melakukan maintenance secara rutin untuk menemukan link error agar bisa segera diperbaiki.

4. Optimalkan halaman produk

Halaman produk memiliki peran penting untuk kesuksesan web ecommerce Anda. Oleh karena itu, optimalkan setiap area termasuk bagian heading, meta title, dan meta description. Jika terdapat produk yang sudah tidak dijual lagi, maka redirect halaman tersebut ke halaman produk yang baru.

So, mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan, kunjungi website resmi dari jasa pembuatan website Jakarta dan hubungi mereka dengan mengklik icon Whatsapp yang sudah tercantum, untuk membantu Anda membangun dan mengoptimalkan situs marketpalce atau situs ecommerce Anda.