Manfaat Wortel Untuk Kesehatan AnakWortel mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, wortel cocok dikonsumsi oleh semua orang, termasuk anak-anak. Selain kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, ada beberapa manfaat wortel untuk kesehatan anak yang sayang untuk dilewatkan.

Sayuran dengan nama latin Daucus carota ini merupakan jenis umbi-umbian yang sangat berkhasiat. Wortel mengandung karbohidrat, serat, air, beberapa protein dan lemak, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, folat, kolin dan beberapa vitamin, seperti vitamin A, B6, C, E dan K1. Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan, seperti beta-karoten, likopen, antosianin dan lutein.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Anak

Mengingat beragam nutrisi dan zat aktif dalam wortel, tak heran jika sayuran ini bisa memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat wortel untuk kesehatan anak antara lain:

  1. Menjaga kesehatan mata yang baik

Wortel kaya akan vitamin A dan beta-karoten, yang baik untuk kesehatan mata bayi. Kedua elemen ini sangat penting untuk menjaga ketajaman penglihatan mata dan mengurangi risiko gangguan penglihatan di kemudian hari.

  1. Meningkatkan Stamina

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada wortel berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Kedua senyawa ini dapat membantu tubuh si Kecil membangun antibodi yang dapat melindunginya dari berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Melembabkan tubuh

Wortel bayi atau wortel mini mengandung sekitar 80 persen air. Kandungan airnya yang melimpah membuat sayur ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan bagi anak-anak yang aktif bermain setiap hari. Selain banyak minum air putih, mengonsumsi baby wortel dapat membantu bayi Anda memenuhi kebutuhan cairan hariannya.

  1. Mendukung Kesehatan Sistem Pencernaan

Wortel mengandung serat yang cukup banyak sehingga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menyehatkan usus si kecil. Serat dalam wortel juga dapat melunakkan tinja, melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

Selain itu, kandungan serat dalam wortel juga dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat, gula dan pati yang berlebihan di usus. Jadi selain menjaga kesehatan sistem pencernaan anak, risikonya mengalami obesitas, kolesterol tinggi, dan diabetes juga menurun.

Manfaat wortel yang telah dijelaskan di atas sangat baik untuk menunjang proses tumbuh kembang anak. Jadi, usahakan untuk lebih sering memasukkan wortel ke dalam menu harian si kecil, ya Bun.

Wortel mudah disiapkan dan cocok untuk dicampur dengan berbagai makanan. Wortel dapat dibuat menjadi campuran sup sayur, tumis sayuran, minuman jus atau puding dan kue.

Sayuran ini juga termasuk sayuran yang lebih mudah dimakan oleh anak-anak karena rasanya yang sedikit manis. Beberapa anak bahkan menyukai wortel yang dikukus atau direbus tanpa campuran apapun.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak sumber beta-karoten seperti wortel dapat menyebabkan karotenemia, yang membuat kulit anak tampak kuning-oranye. Ini umumnya tidak berbahaya, tetapi dapat menakuti dan mempermalukan anak.

Pada beberapa anak, wortel juga bisa menyebabkan alergi. Gejala alergi yang berkembang setelah makan wortel dapat berkisar dari gatal di mulut hingga syok anafilaksis yang paling parah. Beberapa anak dengan kondisi tertentu, seperti hipotiroidisme, juga disarankan untuk membatasi penyakit akar.

Jadi jika bayi Anda memiliki riwayat alergi terhadap sayuran atau memiliki kondisi medis tertentu yang membuat Anda ragu untuk memberikan wortel, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter dan jika anak anda terlihat lesu segera untuk medical check up,  untuk biaya medical check up cukup terjangkau lalu anda pun tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi anak anda. Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat membantu anda.