Manfaat Baby Oil pada Orang Dewasa – Seperti namanya, baby oil umumnya digunakan untuk kesehatan bayi, seperti memijat bayi atau menjaga kelembutan kulitnya. Namun ternyata baby oil memiliki berbagai manfaat untuk orang dewasa juga. Ayo, cari tahu untuk apa.

Manfaat Baby Oil pada Orang Dewasa

Baby oil merupakan salah satu produk bayi yang cukup mudah ditemukan dimana saja. Produk-produk tersebut mengandung minyak mineral dan umumnya bebas dari bahan kimia keras, seperti paraben dan wewangian, sehingga risiko memicu reaksi iritan dan alergi (hipoalergenik) lebih rendah.

Karena bahannya yang ringan, baby oil aman untuk segala usia, dari bayi hingga dewasa.

Berikut manfaat baby oil untuk orang dewasa

Selain baik untuk kulit bayi, baby oil memiliki banyak manfaat untuk orang dewasa. Berikut beberapa kegunaan baby oil yang bisa Anda dapatkan:

  1. Melembabkan kulit

Baby oil dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering pada wajah, tangan, kaki, dan tubuh. Selain melembabkan, baby oil bisa membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis, lho. Minyak ini juga bersifat non-comedogenic yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga aman digunakan pada kulit wajah.

Namun, jika kulit di wajah Anda termasuk kulit berminyak, penggunaan baby oil sebaiknya dihindari karena justru dapat menyebabkan jerawat. Jadi sesuaikan pemakaiannya dengan jenis kulit kamu, ya.

  1. Memperkuat dan memperbaiki rambut rusak

Selain bermanfaat untuk kulit, baby oil juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Diantaranya, perlu untuk melembabkan rambut, mencegah rambut kering dan rambut rontok, serta menghaluskan dan menguatkan rambut.

Baby oil juga baik untuk melembabkan kulit kepala sekaligus mencegah iritasi kulit kepala dan munculnya ketombe.

  1. Mengatasi bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah bisa membuat orang tidak nyaman karena bibir menjadi kering, perih, atau bahkan berdarah. Keluhan ini juga bisa mengganggu penampilan.

Untuk mengatasinya, disarankan untuk melembapkan bibir dengan produk yang mengandung minyak mineral, bebas pewangi dan hypoallergenic, seperti petroleum jelly atau baby oil.

  1. Hapus riasan

Manfaat baby oil untuk orang dewasa selanjutnya adalah untuk menghapus riasan atau makeup remover. Karena baby oil mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit bayi, Anda tidak perlu khawatir mengoleskannya ke wajah.

  1. Membersihkan kotoran telinga

Kotoran yang mengeras dan terkumpul di telinga bisa membuat telinga tidak nyaman dan mengganggu pendengaran. Untuk membersihkan kotoran telinga yang sulit dikeluarkan, Anda bisa menggunakan obat tetes telinga atau baby oil.

Baby oil dapat melembutkan tekstur kotoran telinga sehingga lebih mudah dikeluarkan. Namun, jika setelah menggunakan baby oil kotoran telinga masih sulit keluar, sebaiknya ke dokter THT untuk membersihkannya, ya.

Itulah beberapa manfaat baby oil untuk orang dewasa yang harus Anda ketahui. Selain berbagai manfaat di atas, Anda juga bisa menggunakan baby oil sebagai minyak pilihan untuk pijat.

Meski memiliki manfaat yang sangat besar untuk kulit dan rambut, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi saat kulitnya terkena baby oil. Reaksi ini umumnya lebih berisiko pada orang dengan kulit sensitif.

Jika setelah menggunakan baby oil Anda mengalami gejala alergi pada kulit, seperti ruam, benjolan atau kulit gatal, segera hentikan penggunaan baby oil. Jika gejala ini tidak membaik, temui dokter untuk perawatan yang tepat. Segera periksakan dan tanyakan biaya medical check up kepada dokter kepercayaan Anda.