Gearbox untuk Kebutuhan Industri – Definisi paling dasar dari gearbox adalah satu set roda gigi yang terintegrasi, unit atau komponen mekanis yang terdiri dari satu serangkaian roda gigi yang terintegrasi ke dalam box.

Gearbox untuk Kebutuhan Industri

Gearbox atau juga disebut sebagai Gear Reducer atau peredam kecepatan tertutup digunakan di banyak sistem penggerak elektro-mekanis yang umumnya digunakan di industri industri. Gearbox pada dasarnya adalah satu set gearbox terbuka di dalam rumahan (housing; box). Perumahan mendukung bantalan dan poros, mempertahankan pelumas dan melindungi komponen dari pengaruh lingkungan.

  1. Fungsi

Gearbox atau peredam adalah bagian mekanis yang mentransmisikan daya dan gerak antara poros motor ke poros utama peralatan industri. Gearbox juga dapat mengubah arah putaran dan mengubah gerak putar menjadi gerak linier. Gearbox juga dikenal sebagai sistem transmisi tenaga, transmisi berfungsi untuk menggerakkan putaran mesin dan mengubahnya menjadi tenaga putar (torsi) yang digunakan untuk memutar poros mesin peralatan industri.

Fungsi dari gearbox adalah untuk mengurangi kecepatan pada ban berjalan, agar putaran ban berjalan stabil dan tidak terlalu cepat, sehingga mesin peralatan industri berputar sesuai dengan kecepatan yang diinginkan atau dengan tenaga yang cukup.

Gearbox memiliki berbagai fungsi antara lain, sebagai berikut :

  • Mengubah torsi yang ditransmisikan ke poros mesin industri.
  • Memberikan rasio gearbox yang sesuai dengan beban mesin industri.
  • Menghasilkan putaran motor tanpa selip.
  • Mengurangi jumlah putaran motor penggerak ke jumlah putaran yang diperlukan pada mesin industri.
  • Mengubah beban putar mesin-mesin industri berat menjadi ringan; atau menambah daya (torsi) dengan mengubah kecepatan poros input motor.

Tujuan utama dari gearbox adalah untuk menambah atau mengurangi kecepatan. Maka output torsi akan menjadi kebalikan dari fungsi kecepatan. Jika drive tertutup adalah peredam kecepatan (kecepatan output lebih rendah dari kecepatan input), torsi output akan meningkat; saat drive meningkatkan kecepatan, torsi keluaran akan berkurang. Di sebagian besar penggerak gerbang, kecepatan dikurangi dan torsi dinaikkan.

Dengan demikian, gearbox biasanya disebut sebagai peredam gearbox dalam aplikasi penggerak gerbang. Faktor pemilihan penggerak gearbox meliputi: orientasi poros, rasio kecepatan, jenis desain, sifat beban, peringkat gearbox, lingkungan, posisi pemasangan, kisaran suhu pengoperasian, dan pelumasan. Gearbox heliks dan gearbox cacing adalah salah satu jenis penggerak elektromekanis yang paling umum.

  1. Komponen gearbox

Secara umum, sebuah gearbox akan memiliki komponen; antara lain sebagai berikut:

  • Pinion, gigi gearbox pertama yang menerima gerakan rotasi beban dari penggerak motor, kemudian meneruskan beban putaran tersebut ke gearbox bevel.
  • Bevel Gear, yaitu gigi-gigi gear yang menerima beban putaran dari motor penggerak melalui pinion gear.
  • Gearbox Drive, yaitu gigi-gigi gearbox yang menerima beban putar dari gearbox bevel yang disalurkan ke sumbu benda kerja atau benda yang digerakkan.
  • Shatf.
  • Bearing.
  • Casing (Rumah, Box)
  1. Jenis gearbox

Gearbox dengan Roda Gigi Miring

Poros pada gearbox yang menggunakan gearbox heliks membentuk gearbox heliks yang bentuknya sejajar satu sama lain, poros masukan lebih kecil dari poros keluaran.

Gearbox dengan Roda Gigi Lurus

Poros pada girboks yang menggunakan gearbox taji sama dengan gir pada gearbox bevel, yaitu bentuknya sejajar satu sama lain, poros masukan lebih kecil dari poros keluaran.

Gearbox dengan Roda Gigi Miring dan Roda Gigi Kerucut

Pada umumnya poros pada gearbox yang menggunakan bevel gear dan bevel gear hampir sama dengan gearbox dengan worm gear yaitu membentuk sudut 90° satu sama lain, poros keluaran biasanya lebih besar dari poros keluaran.

Jenis gearbox harus disesuaikan dengan instalasi mesin industri yang ada dan kebutuhannya berdasarkan tujuan pemasangan gearbox; pemilihan tipe khusus biasanya merupakan hasil konstruksi mesin yang ada dan hasil yang diinginkan lebih spesifik.

bagi Anda yang sedang mencari gearbox khususnya yang jual chuan fan ring blower Anda bisa langusng kunjungi website resmi distributor gearbox yaitu Dutamakmur Gearindo yang menyediakan beragam model pilihan gearbox industri. mungkin hanya ini saja informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda semua.