Cemilan untuk Program Hamil – Banyak pasangan suami istri yang menjalani program kehamilan alias promil agar bisa segera memiliki anak. Berbagai informasi seputar promil pun diburu. Salah satunya tentang jajanan promil sehat yang membantu meningkatkan peluang keberhasilan program.

Cemilan untuk Program Hamil

Fakta nya, tidak ada makanan khusus yang secara ajaib dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Namun, memilih makanan dan camilan sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi. Lantas, apa saja jajanan sehat yang bisa dikonsumsi saat promil? Simak pembahasan berikut.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, perlu diingat bahwa tidak ada makanan atau camilan yang bisa membuat seorang wanita langsung positif hamil. Apalagi jika ada kondisi tertentu yang menyebabkan kemandulan pada wanita atau pria. Misalnya saluran tuba tersumbat, perubahan pola makan seperti tidak bisa menghilangkan sumbatan.

Namun, sebagai upaya mempersiapkan tubuh untuk menyambut kehamilan, memiliki pola makan yang sehat tentu menjadi hal yang perlu dilakukan. Selain makanan utama, penting juga untuk memilih makanan ringan yang sehat selama kehamilan.

Berikut ini adalah pilihan camilan untuk mengoptimalkan pola makan sehat selama kehamilan:

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari panggang tanpa garam kaya akan vitamin E. Vitamin ini penting dan membantu meningkatkan jumlah sperma pada beberapa orang. Selain itu, biji bunga matahari juga kaya akan folat dan selenium, yang penting untuk kesuburan pria dan wanita.

Camilan sehat ini juga merupakan sumber asam lemak omega-6 yang baik dan mengandung sedikit asam lemak omega-3. Selain dijadikan camilan, biji bunga matahari bisa dicampur menjadi salad, atau dihaluskan dan dicampur menjadi smoothie buah.

  1. Buah Asam

Buah-buahan asam seperti jeruk dan jeruk bali adalah sumber vitamin C terbaik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Endocrine Review, buah jeruk dan jeruk bali mengandung polyamine putrescine, yang oleh beberapa penelitian hewan dikaitkan dengan potensi untuk meningkatkan kesehatan telur dan air mani.

3.Susu dan Produk Susu

Susu merupakan minuman dengan kandungan gizi yang bisa dibilang cukup lengkap. Tak heran jika minuman ini masuk dalam daftar jajanan sehat yang direkomendasikan. Susu merupakan sumber yang kaya akan vitamin dan lemak, termasuk vitamin A, E, D, K, dan K2.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction, menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk susu tinggi lemak lebih kecil kemungkinannya mengalami masalah ovulasi dibandingkan wanita yang kebanyakan mengonsumsi produk susu rendah lemak.

Dalam studi tersebut, produk susu rendah lemak termasuk skim atau susu rendah lemak, serbat, yogurt, dan keju cottage. Sedangkan yang dimaksud dengan produk susu berlemak adalah whole milk, ice cream, cream cheese, dan jenis keju lainnya.

Berbicara tentang keju, terutama cheddar, parmesan, dan manchego yang sudah tua, dipercaya dapat meningkatkan kesehatan sperma, karena mengandung poliamina yang tinggi. Poliamina adalah protein yang ditemukan dalam produk tumbuhan dan hewan, yang juga terjadi secara alami pada manusia.

  1. Tomat yang Dimasak

Tomat kaya akan likopen, antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Fakta nya, likopen telah dipelajari secara ekstensif untuk potensi perannya dalam meningkatkan kesuburan pria. Tak heran jika ini bisa menjadi camilan promil sehat yang baik dikonsumsi pria.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asian Journal of Andrology mengungkapkan bahwa suplementasi 4 hingga 8 miligram likopen pada pria per hari, selama 8 hingga 12 bulan, membantu meningkatkan kesehatan sperma dan meningkatkan kemungkinan kehamilan.

Dibandingkan mentah, kandungan likopen pada tomat matang jauh lebih besar. Jadi, jika Anda ingin menjadikan tomat sebagai camilan sehat, masaklah menjadi sup, puree, atau panggang.

  1. Kacang dan Lentil

Kacang dan lentil adalah sumber serat dan folat yang sangat baik, keduanya penting untuk menjaga keseimbangan hormon yang sehat. Lentil juga mengandung polyamine spermidine tingkat tinggi, yang dapat membantu sperma membuahi sel telur.

Kacang-kacangan juga tinggi protein, yang dapat membantu meningkatkan ovulasi yang lebih sehat. Jadi cobalah membuat kacang dan lentil sebagai camilan sehat di pesta prom, atau memasukkannya ke dalam salad alih-alih keju atau daging.

  1. Kuning Telur

Kuning telur memasok hampir semua zat besi, kalsium, seng, vitamin A dan B6, folat, dan vitamin B12 dalam telur. Kuning telur dari ayam yang dibesarkan di padang rumput juga kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang meningkatkan kesuburan serta vitamin A, D, E dan vitamin K2 yang larut dalam lemak.

Alasan bagus lainnya untuk menjadikan kuning telur sebagai camilan sehat adalah kandungan proteinnya. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Itulah pilihan snack promil sehat yang direkomendasikan. Meski sehat, ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan bisa berakibat buruk. Hal terpenting dalam menjalani promil adalah memiliki pola makan yang sehat dan seimbang.

Jadi, jangan hanya fokus pada camilan sehat ini. Makanlah berbagai makanan sehat dan jaga agar tetap seimbang. Kalau butuh saran diet saat hamil, atau ingin bertanya seputar biaya medical check up Anda dapat menggunakan aplikasi kesehatan tanya ke dokter ya?