Cara Mengilangkan Jerawat Membandel – Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut oleh sel kulit mati atau sebum berlebih. Pada umumnya jerawat yang muncul menyebabkan peradangan pada kulit, flek hitam dan terkadang menimbulkan rasa terbakar atau nyeri saat disentuh. Berikut beberapa penyebab timbulnya jerawat

Cara Mengilangkan Jerawat Membandel

Dikutip dari National Health Service UK, masalah jerawat pada kulit wajah seringkali dikaitkan dengan perubahan hormonal. Hormon tertentu menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi minyak atau sebum berlebih pada kulit wajah. Sebum berlebih atau sebum abnormal mengubah aktivitas bakteri kulit yang biasanya tidak berbahaya menjadi bakteri agresif. Kondisi ini menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat pada kulit.

Pada wanita, kondisi ini sering terjadi saat hamil atau menstruasi. Kedua kondisi tersebut menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh. Selain itu, kurangnya perawatan kebersihan wajah juga menjadi faktor lain yang meningkatkan seseorang mengalami jerawat pada kulit wajah.

Ketahui Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat

Gunakan beberapa cara ini untuk menghilangkan jerawat membandel, yaitu:

  1. Bersihkan wajah secara teratur

Menurut American Academy of Dermatology, Anda bisa rutin membersihkan wajah minimal 2 kali sehari untuk mengatasi masalah jerawat Anda. Jangan lupa gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar jerawat bisa langsung teratasi.

Nah, untuk hasil yang maksimal, jangan lupa untuk membersihkan wajah tepat setelah bangun tidur, saat istirahat dan setelah terpapar polusi luar. Tak hanya wajah, Anda perlu rutin membersihkan kasur, sprei, dan bantal agar kotoran yang menempel tidak menimbulkan jerawat di kemudian hari.

  1. Gunakan krim anti jerawat

Anda bisa menggunakan krim anti jerawat untuk mengatasi masalah jerawat Anda. Tidak ada salahnya mengikuti petunjuk tim medis atau dokter dalam menggunakan krim anti jerawat. Gunakan krim anti jerawat yang direkomendasikan oleh dokter atau Anda juga bisa periksa kesehatan kulit anda denga medical check up. Jangan ragu karena sudah banyak medical check up murah di klinik terdekat.

  1. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Selain membersihkan kulit wajah secara rutin, Anda juga bisa mengobati jerawat dengan memperbanyak konsumsi air putih. Memenuhi kebutuhan kelembaban tubuh setiap hari membuat kulit Anda terhidrasi dengan baik.

Kulit kering, dilansir dari Healthline, menyebabkan minyak berlebih yang meningkatkan risiko jerawat. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi lebih banyak air per hari, agar kulit terhidrasi dan jerawat perlahan bisa hilang.

  1. Jaga pola makan Anda

Menurut American Academy of Dermatology, jika Anda memiliki kulit berjerawat, sebaiknya hindari mengonsumsi produk susu. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, antioksidan ditemukan di beberapa sayuran berwarna cerah, seperti paprika, bayam, dan beri.

Selain untuk menjaga pola makan sehat, beberapa buah dan sayuran juga bisa dijadikan masker untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel, seperti alpukat, lemon, tomat, dan mentimun. Kandungan vitamin di dalamnya mampu mengatasi jerawat yang membandel.

5.Mengurangi Tingkat Stres

Tingkat stres yang berlebihan juga menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah. Tidak ada salahnya melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan agar kondisi stres yang dialami dapat teratasi dengan baik.

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat juga berkaitan dengan kesehatan mental seseorang. Tak hanya mengganggu kesehatan kulit, jerawat bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan rasa percaya diri hingga depresi.

Nah, itulah beberapa cara mudah menghilangkan jerawat. Ingat, jaga kesehatan kulit Anda tidak hanya dari luar, tapi juga dari dalam.