Cara Membuat Oralit untuk Bayi saat Mengalami Diare – Orang tua mana yang tidak khawatir ketika anaknya mengalami diare. Diare adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peningkatan frekuensi buang air besar pada anak-anak. Anak-anak dengan diare mungkin mengalami buang air besar lebih dari 3 kali dengan tinja yang sangat cair.

Cara Membuat Oralit untuk Bayi saat Mengalami Diare

Diare yang tidak ditangani dengan baik pada bayi dapat menyebabkan dehidrasi dan hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan. Perawatan medis harus dilakukan agar kondisi ini membaik. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pengobatan di rumah dengan memberikan oralit pada bayi saat mengalami diare. Yuk, simak cara membuat oralit untuk bayi saat diare!

Mengetahui pengobatan diare pada bayi

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup rentan dialami oleh bayi. Tentu saja diare bisa berbahaya, apalagi jika dialami oleh bayi. Untuk itu, ibu perlu mengetahui penanganan yang tepat agar diare pada bayi dapat dikelola dengan baik.

Biasanya, kotoran bayi memiliki sifat khusus. Misalnya warnanya kekuning-kuningan, hijau atau coklat tua, teksturnya tidak encer dan berbentuk pasta dan juga lembut. Namun, jika bayi mengalami diare, akan terjadi perubahan feses.

Bayi yang mengalami diare akan mengalami perubahan tekstur fesesnya yang menjadi encer. Selain itu, warnanya bisa menjadi lebih hijau atau lebih gelap dari warna feses bayi yang normal. Diare juga bisa ditandai dengan feses yang berbau sangat menyengat. Bayi juga buang air besar lebih dari 3 kali. Padahal, kondisi diare bisa menyebabkan tinja bayi bercampur darah atau lendir.

Segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat karena kondisi ini dapat membahayakan kesehatan bayi. Diare yang tidak diobati pada bayi dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, bayi dengan diare tidak boleh diberikan obat sembarangan. Pastikan ibu memberikan obat kepada bayi sesuai dengan anjuran dokter anak.

Selain pengobatan, pastikan anak Anda mendapatkan cukup cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Ibu juga bisa mencegah dehidrasi pada bayi yang mengalami diare dengan memberikan larutan oralit, lho.

Temui oralit dan cara membuatnya untuk bayi

Oralit merupakan cairan yang dapat digunakan untuk mencegah dehidrasi. Cairan oralit aman digunakan oleh bayi, anak-anak dan orang dewasa. Namun, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung ke dokter mengenai kebutuhan oralit berdasarkan usia anak.

Tapi ingat ibu harus membeli larutan oralit dengan resep dokter untuk digunakan pada bayi. Namun, untuk keadaan darurat, ibu bisa membuat larutan oralit secara mandiri di rumah. Berikut cara membuat oralit untuk bayi saat diare:

  1. Ibu harus menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat oralit. Misalnya, enam sendok teh gula, setengah sendok teh garam, dan 1 liter air matang.
  2. Setelah bahan-bahan terkumpul, ibu bisa mencampur gula dan garam dalam satu wadah. Kemudian masukkan air secara perlahan. Setelah semuanya tercampur, aduk hingga semua bahan larut dan tercampur rata.
  3. Setelah semuanya tercampur rata, berikan pada bayi secara perlahan hingga mencapai dosis yang dibutuhkan.

Jika anak anda mengalami diare segera lakukan pemeriksan ke dokter terdekat atau melakukan medical check up, sekarang di website plaza medis anda dapat melihat harga medical check up dan juga lebih murah juga terpercaya, bagaimana jadi lebih mudah bukan.

Anda tidak perlu khawatir biaya medical check up, mungkin hanya ini informasi yang dapat kami sampaikan semuga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.