Alasan Maintenance Website Harus Dilakukan – Sebuah website sangat penting untuk dilakukan maintenance secara berkala. Baik itu website bisnis atau e-commerce, company profile, government, maupun website pribadi. Lalu mengapa yang menjadi alasan penting seseorang harus dilakukan maintenance website?.

Alasan Maintenance Website Harus Dilakukan

Memiliki sebuah website di era teknologi yang modern ini memang sesuatu yang wajib bagi sebuah perusahaan atau pebisnis. Salah satu alasan maintenance website atau perawatan situs web karena website dan konten di dunia ini akan terus bertambah dan untuk mendatangkan pelanggan dengan stabil.

Maka dari itu bukan hanya memiliki website saja, tapi perawatan sebuah website pun harus dilakukan. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dan maintenance untuk memelihara website Anda agar tetap berfungsi dengan baik.

Beberapa Alasan Merawat Situs Web

Apabila Anda memiliki sebuah website dengan tampilan yang bagus dan menarik serta berfungsi dengan baik tapi tidak dikelola dengan baik, maka akan berpengaruh terhadap pendapatan bisnis Anda. Oleh karena itu sebaiknya gunakan jasa pembuatan website dan maintenance jika Anda tidak mengetahui secara teknis bagaimana memaintenance website dengan benar.

Sebelumnya ada dua macam maintenance yang sering dilakukan oleh jasa pembuatan website dan maintenance, yaitu technical maintenance dan content maintenance. Apa itu? Berikut penjelasannya.

  • Technical Maintenance

Perawatan teknis ini berlaku pada website yang sekiranya lemot, fitur – fitur dalam website yang tidak berfungsi dengan baik, atau adanya error yang terjadi pada setiap website itu sudah pasti ada. Biasanya perawatan teknis ini sudah sepaket dengan membuat sebuah website oleh beberapa jasa pembuatan website tangerang selatan misalnya.

  • Content Maintenance

Untuk perawatan content ini berhubungan dengan isi website Anda. Misalnya seperti foto – foto, artikel, dan hal – hal yang berkaitan dengan informasi website Anda.

Nah, untuk content maintenance ini berhubungan dengan SEO. Banyak pula penyedia jasa pembuatan website dan SEO dengan penawaran yang beragam tentunya.

Berikut beberapa alasan memaintenance sebuah website
1. Google Selektif dalam Menampilkan Hasil Pencaharian

Website yang berkualitas akan naik dengan cepat pada page 1 Google. Di mana teknik penyajian dan konten berkualitas (SEO Friendly). Dan SEO untuk sebuah website sangat mempengaruhi sekali agar website Anda dikenal banyak orang dengan menstabilkan posisi website Anda berada pada halaman pertama google.

2. Pengunjung Webiste ingin Informasi Up To Date

Berikan perubahan pada website Anda agar pengunjung tidak merasa bosan. Buat tampilan design website sesuai dengan season. Misalnya sedang hari ibu, buat sedikit tambahan konten berisikan tentang hari ibu, atau tampilan ketika membuka website. Jadi informasi yang dibuat pun tidak itu – itu saja. Ini gabungan antara maintenance dengan SEO.

3. Perawatan Hosting

Hosting ini diibaratkan seperti komputer atau laptop. Semakin banyak aktivitas pengunjung pada website Anda maka dapat menyebabkan hosting memiki CPU usage yang tinggi. Akhirnya website Anda jadi sangat lambat ketika dibuka. Bahkan Anda bisa saja tekena suspend sepihak karena telah melanggar TOS. Untuk itu perlu dilakukan pengecekkan minimal 3 hari sekali kepada penyedia hosting.

4. Backup Data Website Secara Berkala

Jasa pembuatan website dan maintenance melakukan backup data guna untuk mengantisipasi ketika terjadi force majure. Misalnya saja website Anda terserang oleh virus atau hacker sehingga semua data hilang atau error. Usahakan menyimpan data backup dengan file yang berbeda dan aman tentunya.

Nah, sekarang Anda tahu kan mengapa sebuah website memerlukan maintenance secara berkala. Bukan hanya sekedar memiliki webite saja. Sayang sekali bukan kalau website Anda dibiarkan begitu saja, artinya sia – sia apa yang sudah Anda punya tapi tidak dijaga dengan baik.